Monday, May 29, 2017

Cara Remote Komputer Tanpa Perlu Install Aplikasi Tambahan

Sistem operasi Windows merupakan salah satu sistem operasi yang menawarkan berbagai fitur yang sangat bermanfaat salah satunya fitur Remote Desktop. Fitur Remote Desktop pada Windows dibuat untuk memudahkan pengguna mengontrol dan mengetahui seluruh aktivitas yang terjadi pada komputer yang dikontrol tersebut.
Namun, di tangan para orang-orang jahil, fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan sejumlah keisengan seperti mengontrol komputer teman kalian melalui komputer kalian tanpa ia ketahui. Kalian bisa saja menutup browser atau aplikasi mereka dan masih banyak lagi. Pertanyaannya adalah di mana tepatnya fitur yang satu ini berada dan bagaimana cara menggunakannya? Kali ini Jaka akan bahas cara menggunakan fitur Remote Desktop Connection ini. Simak ya!

RemoteKomputer Tanpa Perlu Install Aplikasi Tambahan

  • Pertama-tama, akses Start Menu dan cari Control Panel komputer teman kalian.

  • Kemudian pilih Advance System Settings, lalu pilih tab Remote, atau kalian bisa memilih Remote Settings untuk langsung mengakses tab Remote ini.


  • Pada tab Remote ini, lihat pada bagian Remote Desktop. Di situ terdapat dua pilihan yaitu Don't allow remote connections to this computer untuk menolak akses remote dari komputer lain ke komputer tersebut dan Allow remote connections to this computer untuk mengaktifkan akses remote ke komputer tersebut. Jangan lupa ceklis pada pilihan di bawahnya.
  • Jika sudah, lakukan hal yang sama pada perangkat komputer kalian.
  • Selanjutnya, setelah semua pengaturan selesai, buka kembali Start menu dan cari Remote Desktop Connection kemudian dari komputer teman kalian, masukkan alamat IP komputer kalian.

  • Jika kalian tidak tahu IP komputer kalian, silakan gunakan perintah ipconfig di CMD.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses penghubungan selesai dan kalian siap bermain-main dengan komputer teman kalian. Kalian bisa mematikan browser teman kalian, mengakses file dan folder untuk di-copy, dan masih banyak lagi.
     
Itulah tadi cara mengakses komputer orang lain dari komputer kalian dengan sangat mudah dan tentunya tanpa perlu install aplikasi semacam TeamViever dan lain sebagainya. Akhir kata, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, pastikan kalian terhubung dalam satu jaringan yang sama ketika menggunakan cara ini agar bisa berhasil.

No comments:

Post a Comment